Benjolan/Tumor Payudara: FAM, Kista atau Kanker?

HARAP DIBACA POST BARUKU: IMPORTANT UPDATE!! Aku terdiagnosa Kanker Payudara!

Hi all, finally post pertama saya tentang benjolan payudara. Saya buat post ini untuk kalian yang bingung perbedaan antara FAM, Kista dan Kanker. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya konsultasi ke beberapa dokter, juga hasil cari-cari info sendiri. Saya sendiri bukan dokter, dan bukan ahli, benar-benar hanya ingin share tentang yang saya tahu berdasarkan pengalaman pribadi. Kalau ada kesalahan/kekurangan, mohon dimaklumi dan mohon bantuan untuk memperbaiki tulisan saya ini 🙂 ~

Semua benjolan baik itu amat kecil maupun amat besar akan disebut sebagai tumor pada istilah kedokteran. Jadi jangan takut dulu dengar kata tumor, karena benjolan kecil yang lebih kecil dari upilmu pun bisa dibilang sebagai tumor.

Ada 3 macam tumor yang umumnya terdapat di payudara, yaitu FAM, Kista dan Kanker. Berikut perbedaannya.

FAM: Fibroadenoma Mammae

– jinak

– berupa jaringan (padat), semacam daging yang tumbuh

– bila diraba, bisa digerakan (fleksibel)

– bisa membesar, tapi biasanya lambat

– penyebabnya kebanyakan adalah hormon

Kista:

– jinak

– berupa cairan yang seperti dikemas dalam balon (bisa diibaratkan seperti balon yang diisi air)

– bila diraba, bisa digerakan (fleksibel)

– bisa membesar, bisa juga tidak

– tidak diketahui penyebabnya

Kanker:

– ganas

– berupa sel kanker

– bila diraba, terasa keras dan tidak bisa digerakkan

– batasannya dengan daging tidak jelas

– bisa membesar dengan sangat cepat

– bisa juga tidak ada benjolan, tapi terjadi perubahan kulit di payudara seperti berubah jadi sangat kasar seperti jeruk, puting tenggelam dll

– biasanya faktor genetik akan memperbesar risiko kanker

Pada kasus kanker tertentu, bisa jadi tidak terdapat benjolan. Seperti kasus Kylie Armstrong ini. Yang terlihat hanya semacam dekok pada payudaranya.

12800241_1077848462238072_3345955209212361627_n.jpg

“These 3 very, very subtle DIMPLES on the bottom of this breast are a sign of BREAST CANCER! This is what MY BREAST CANCER looks like. I felt no lump. The GP felt no lump….”

Kamu bisa baca post aslinya di Facebook  di sini dan baca berita yang memuatnya di sini

Saya salut sekali dengan Kylie Armstrong yang sangat berani menyebarkan foto kanker di payudaranya ini, hanya supaya orang-orang bisa lebih waspada terhadap kanker.

Bila kamu merasakan ada benjolan di payudara, jangan takut dulu. Waspada harus, tapi ingat jangan panik. Beberapa dokter yang saya rekomendasikan di Bandung untuk konsultasi:

– Dokter Dradjat (Spesialis Bedah & Tumor) praktek di RS Boromeus, Melinda, Santosa

– Dokter Els Anggraeni (internist) praktek di Jl. Anggrek No. 1. Praktek hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat mulai sekitar pukul 15.30 sampai malam. Daftar via telpon pukul 10.00-14.00 di nomor 022-7208401.

– Dokter Julianto & Imelda (internist) di Jl. Cipaganti No. 129. Telp. 022-2031135. Praktek Senin-Sabtu, pagi hari dan malam hari.

Intinya konsultasilah ke beberapa dokter yang nyaman, berpengalaman dan memberikan penjelasan sedetail mungkin. Jangan langsung percaya ke 1 dokter aja. Dan kalau bisa, konsultasi juga ke dokter selain dokter bedah. Karena dari pengalaman saya, dulu pernah ke beberapa dokter bedah lain, semuanya suruh secepatnya operasi.

Selain itu, USG lah di tempat yang terpercaya dan mesin USG-nya yang bagus, karena hasil USG lah yang bisa menentukan jenis tumor. Kalau saya rekomen Dokter Bobby untuk USG, praktek di Jl. Dipatiukur No. 26C Bandung. Telp. 022-2534399. Harus daftar dulu ya via telepon.

Jangan langsung operasi karena ketakutan, pikirkanlah dulu matang-matang, diskusi juga dengan keluarga dan teman supaya bisa menentukan pilihan terbaik. Ingat, bukan berarti dengan dioperasi hidup kita pasti lebih baik, bagaimana kalau ada efek samping atau kesalahan saat operasi. Pikirkan semuanya 🙂

Di sini saya sama sekali tidak melarang yang mau operasi, karena itu adalah pilihan masing-masing orang, tentunya tergantung jenis tumor dan penyakitnya masing-masing juga. Saya hanya berbagi pengalaman saya, dan karena semua dokter yang pernah saya temui menyatakan bahwa tumor di payudara saya bersifat jinak dan tidak membesar, jadi saya putuskan untuk tidak membuangnya.

Saya hanya ingin share dan mengingatkan agar jangan keburu panik dan jadi mengambil tindakan operasi tanpa pikiran yang matang. Proses pemulihan dari operasi pengangkatan tumor, atau pengangkatan keseluruhan payudara (biasanya pada kasus kanker) lamanya tergantung dari masing-masing pasien, tapi yang sudah saya dengar dari teman-teman ada yang pemulihannya membutuhkan jangka waktu yang lama (bisa berbulan-bulan sampai bisa beraktivitas normal kembali).

Semoga post ini bisa berguna 🙂 dan mohon bantuan koreksinya dari teman-teman bila ada kesalahan.

Sekedar info, tumor yang saya derita dilihat dari hasil USG terakhir adalah kista. Kadang-kadang (sekitar setahun sekali) terjadi infeksi, seperti pembengkakan payudara dan keluar cairan berwarna bening kekuningan disertai sedikit sekali darah. Infeksi ini masih ga jelas apa penyebabnya. Tapi kalau kamu mengalami hal ini lebih baik cepetan ke dokter karna kalau infeksi ga segera diobatin bisa tambah parah infeksinya. Saya akan update lagi kalau dapat info lagi 🙂

41 thoughts on “Benjolan/Tumor Payudara: FAM, Kista atau Kanker?”

  1. Mau bagi pengalaman sedikit ttg benjolan di PD (payudara), kebetulan saya juga pernah operasi benjolan jenis FAM dan kista. Sebelum memutuskan operasi saya berkonsultasi dg dr.teguh,Sp.onk (spesialis onkologi) yg ahli dlm kasus tumor dan kanker yang ada di yogyakarta. Beliau punya klinik khusus onkologi di daerah kotabaru yogyakarta. Menurut beliau jenis tumor memang perkembangannya lambat tapi perkembangan tumor antara orang yg satu dg yg lain berbeda-beda. Tumor tersebut jika dibiarkan akan menjadi ganas (kanker) jadi beliau merekomendasikan sebaiknya tumor tsb di angkat (di operasi) saja. Untuk lamanya pemulihan juga tergantung individu, beberapa pasien yg waktu itu operasi juga gak perlu opname, setelah selesai operasi dan anaestesinya udh hilang, pasien bisa langsung pulang. Saya sendiri waktu itu sebenarnya bisa langsung pulang tapi keluarga meminta saya di opname diklinik tersebut supaya perawatannya lebih bagus dan lebih cepat pulih. Jadi menurut saya, ketika ada benjolan di PD, setelah berkonsultasi dg beberapa dokter, sebaiknya di operasi saja sebelum tumornya berubah jadi ganas (kanker).

    Like

    1. Makasih banget udah mau sharing pengalamannya 🙂 🙂 🙂

      Memang kasus fam dan kista ini membingungkan ya, karena pendapat setiap dokter bisa bener-bener berbeda. Saya juga sempet ke beberapa dokter, ada yang berpendapat bahwa jenis fam dan kista ga mungkin jadi kanker, tapi ada juga yang bilang suatu saat bisa mengarah ke kanker. Ada yang bilang lebih baik secepatnya dibuang, yang lain lagi bilang tidak perlu buru-buru asal pertumbuhannya ga ekstrim (ga cepat membesar). Nah, dari pengalaman saya, biasanya kalau dokter spesialis bedah onkologi(tumor), akan langsung nganjurin untuk dioperasi saja. Tapi kalo kita ke internist, biasanya ga disuruh operasi (untuk jenis tumor yang jinak seperti fam dan kista ya).

      Iya betul banget, masa pemulihannya tergantung tiap individu. Kebetulan ada 2 orang yang saya kenal pernah operasi pengangkatan tumor. Yang 1 pengangkatan fam di PD, 1 nya lagi pengangkatan seluruh PD (kasusnya kanker PD). Kedua orang ini sangat lama pemulihannya, sampai ga bisa kerja di office dulu karna katanya sakit banget, bekas lukanya ngilu sekali dan sama sekali ga bisa angkat lengan, bahkan digerakin sedikit juga sakitnya minta ampun. Jadi kamu beruntung banget pemulihannya cepet 🙂

      Ohya, boleh tau, kamu USG & kontrol ke dokter lagi setiap berapa lama sekali? Apakah sekarang di bekas fam & kistanya ada keluhan sakit/ngilu? Soalnya saya pernah dengar dari beberapa pasien lain, katanya kalau kista dibuang, biasanya suka jadi ngilu/sakit di bekasnya sampai bertahun-tahun. Dan apa ada pantangan makan? Thanks a lot! 🙂

      Like

      1. Sy pernah operasi 2 benjolan di 1 payudara taon 2006. Dgn prof. Evert. Pemulihan cpt. Stlh 6 jam operasi sdh boleh pulang. Dan beraktifitas seperti biasa ga berasa sakit sama sekali. Benjolan yg sdh diangkat di patologi. Hasil kurang lbh sebulan ketauan jenis benjolan itu jinak atau ganas. Sy dl hanya fam dan tdk ganas. Klo menurut pengalaman sy utk tau jinak atau ganas baru tau stlh benjolan yg diangkat td dipatologi di lab.

        Menurut sy lbh bagus secepat nya dioperasi. Knp?
        1. Kita jd ga kepikiran sm tuh penyakit kelamaan. Ud tuntas kan legah. Penyakit harus dihadapi dan diobatin
        2. Kita ga bisa prediksi kedepan nya itu benjolan akan berkembang seperti apa. Mending sedini mungkin di obatin drpd tunda tunda tau2 udah parah.

        Awal awal sy rutin control 6 bulan sekali. Lalu 1 taon sekali. Skrg ud lama ga kontrol usg sih hehehe.

        Oh ya jgn takut bekas operasi nya ga keliatan kok.😁

        Itu sj pengalaman saya. Semoga bermanfaat ya 😁.
        Cuma sekedar masukan aja 😁🥰

        Liked by 1 person

  2. kalau bisa, saat tidur lepaskan saja bra yang seharian dipakai. Saat tidur bra tidak perlu untuk menahan payudara seperti saat wanita berdiri karena gaya gravitasi yang membuatnya berat. jangan lupa juga periksa ke dokter secara berkala.

    Like

  3. Saya baru saja operasi utk FAM.
    Kalau teman2 ada benjolan di PD sebaiknya langsung periksa.
    Saya gak setuju kalau ada yg bilang tidak perlu operasi utk FAM. Dulu saya percaya, dan gak saya operasi sampai 3th. Lama kelamaan, karena sudah tidak saya pikirkan ttg benjoln di PD, baru awal tahun 2017 saya merasa tidak nyaman di bagian PD, setelah saya periksa sendiri, ternyata benjolan yg dulu kecil banget (sekitar 0.5cm) didiamkan malah membesar hingga hampir 6cm, dan tumbuh benjolan2 kecil lainnya (1-3 cm). Jadi total malah ada 4 benjolan di PD saya.
    Ketika saya konsultasikan di dokter, memang FAM bisa ‘beranak’ makanya harus segera di angkat sblm dia bertambah besar/bertambah banyak.

    Like

  4. Di PD kiri saya ada benjolan yang smakin besar hampir sebesar telur ayam rasanya seperti kolang kaling kalau di raba kadang suka terasa ngilu sampai sakit dada saya sering demam juga kalau sedang ngilu. Ternyata sekarang yang kanan juga ada tapi masih kecil.
    Apakah itu FAM?

    Like

    1. Hi, sorry saya baru balas ya 😦 . Saran saya mendingan segera diperiksa dulu ke dokter dan USG buat lebih jelasnya ya 🙂 Soalnya saya juga bukan dokter. Dari hasil USG bisa keliatan apakah isi benjolannnya, jadi kamu juga ga penasaran. Tapi kalau yang saya tahu, kalo bentuknya kaya kolang-kaling itu (bentuknya jelas), biasanya ga ganas, tapi kalau di kasus kamu kan terasa membesar, jadi tetap perlu diwaspadai juga. Nah, kalo soal demam, saya juga pernah demam tapi karena area daerah payudaranya lagi infeksi, mungkin kamu habis angkat beban yang agak berat, atau habis kerja yang bikin area lengan pegel-pegel ga? Kalo aku sih suka gitu soalnya, suka nyeri jadinya. Kalo di aku, waktu demam itu si benjolannya infeksi jadi bengkak dan bernanah juga. Menurut pengalamanku, kalo bener infeksi harus segera diobatin juga, supaya infeksinya ga menyebar dan ga makin parah.

      Like

      1. Makasih mbak u infony…
        Maaf saya baru buka emailnya.
        Saya akan coba ke dokter meski saya masih ragu n takut…

        Like

      2. Semangat yaa 🙂
        Wajar koq kalo ngerasa takut, aku juga dulu takutt bangetttt. Tapi aku dulu mikirnya gini, daripada aku nerka-nerka ga jelas apa isi benjolannya dan bertanya-tanya sendiri seumur hidup, malah bakal bikin stress.

        Coba minta pasangan/sodara/teman buat nemenin ke dokter ya kalo ngerasa perlu. Dukungan orang-orang terdekat tuh bener-bener kerasa banget 🙂 dan mereka juga bisa bantu mikirin yang terbaik buat kamu 🙂

        Like

  5. Saya juga baru USG mammae kemarin. Karen payudara nyeri di sertai ada benjolan sebesae bini kelengkeng. Biasanya suka nyeri tp gk sampai ada benjolan. Hasil test menunjukan kalo itu kista dg ukuran 1,1 cm. Saya gk ke dr onkology dlu, karen dokternya sudah full booked dan baru ada jadwal lg awak tahun depan. Jadi saya putuskan lgsg ke sp. Radiology. Beliau bilang cukup minum obat aja. Gk perlu ada tindakan karena ukurannya kecil. Biasanya akan hilang dg sendirinya. Kecuali kalau ukuran nya sudah diatas 2,5cm. Tp yang saya lupa tanya , soal KB saya. Kebetulan saya masih menyusui dan menjalani KB suntik 1 bulan yg mengandung hormon estrogen lebih besar dr progrestin. Sepengetahuan yg saya baca (karen kemarin lupa tanya apa penyebab kista), itu karena kelebihan hormon estrogen. Ada yg punya pengalaman kah ibu ibu yg sudah KB disini?

    Like

  6. Saya juga baru USG mammae kemarin. Karen payudara nyeri di sertai ada benjolan sebesae bini kelengkeng. Biasanya suka nyeri tp gk sampai ada benjolan. Hasil test menunjukan kalo itu kista dg ukuran 1,1 cm. Saya gk ke dr onkology dlu, karen dokternya sudah full booked dan baru ada jadwal lg awak tahun depan. Jadi saya putuskan lgsg ke sp. Radiology. Beliau bilang cukup minum obat aja. Gk perlu ada tindakan karena ukurannya kecil. Biasanya akan hilang dg sendirinya. Kecuali kalau ukuran nya sudah diatas 2,5cm. Tp yang saya lupa tanya , soal KB saya. Kebetulan saya masih menyusui dan menjalani KB suntik 1 bulan yg mengandung hormon estrogen lebih besar dr progrestin. Sepengetahuan yg saya baca (karen kemarin lupa tanya apa penyebab kista), itu karena kelebihan hormon estrogen. Ada yg punya pengalaman kah ibu ibu yg sudah KB disini?

    Like

    1. Hi, terakhir tuh saya sekitar 900-950ribu untuk payudara, sorry agak lupa pastinya. Itu pas taun lalu. Kalo mau tau pastinya coba ditelpon aja ke dokternya 🙂 . Dan harus janjian dulu ya, karena udah banyak yang waiting list biasanya.

      Like

    1. Terakhir sih saya ke semua dokter itu biaya konsultasinya sekitar 250-300ribu. Kalau usg di dokter Bobby sekitar 900-950ribu, mahal memang usgnya dibanding tempat lain, tapi hampir semua dokter & kenalanku rekomen ke dokter Bobby ini karena katanya mesin usg dia yg tercanggih di bandung & dia juga orang pertama di bandung yg bener-bener mendalami bidang usg. Orangnya juga super baik ☺

      Like

  7. Beruntung ya tinggal di bandung… andai tinggal di sna pngen memantau dr usg di sana. Soalnya ad bnjolan payudara dgn diagnosa fam yg belum diambil.

    Like

      1. Di jgja… maksudnya belum diambil (blm operasi). Klo hasil usg yg pertama sudah saya ambil ada benjolan ukuran 1.6×0.9cm. Kata doktr spb onk tumor jinak fam. Saya tinggal di jgja. Rencana 3bln lagi baru mau usg.

        Like

      2. Saya masih maju-mundur buat ambil keputusan operasi. Dokter yg memeriksa mengijinkan buat menunda, dgn catatan dipantau berkala dgn usg

        Like

      1. Gak rencana operasi? Kemarin pas periksa punyaq jd ketahuan payudara kiri ada kista ukuran 1cm. Kata dokter yg kiri dibiarin aj gak perlu operasi. Cm yg kanan dokter bilang lebih baiknya operasi. Cm masih bimbang hiks… berharap gak membesar dan berkembang aj

        Like

      2. Belum ada rencana oprasi sih..soalnya ya itu..kata dokterku gpp kalo dibiarin jg, asal ga membesar ukurannya, tapi harus rutin kontrol USG untuk jaga-jaga. Mudah-mudahan sih ga mesti dioprasi.

        Like

  8. Hallo kak, aku jg ada benjolan dipayudara sebelah kanan ada dr sebelum nikah awalnya kecil ky kelereng, sekarang mungkin udh hampir 4tahun ukuran jd sebesar telur puyuh, baru kepikiran sekarang krn udh ngerasa takut n udh periksa ke dokter dianjurkan operasi krn kata dokter yg periksa aku klo diusg ga memastikan itu jinak atau ganas jd hrs dioperasi,
    tp aku pending dlu buat operasi krn aku jg takut operasi, skrg aku lg pengobatan tradisional yg pengobatannya mungkin udh banyak org2 tau krn yg berobat dari kota2 lain sampai jauh2 ke sini,
    Aku jd bingung hrs gimana ya kak ?
    Klo kata org yg pengobatan tradisonal bilang benjolan ku tanpa hrs dioperasi insyaAllah hilang.

    Like

    1. Halo, maaf ya aku juga ga bisa bantu banyak. Keputusan tetep kamu sendiri yang menentukan ya. Sebetulnya kalau pengobatan tradisional itu menurutku cocok-cocokan. Jadi misal cocok di 1 orang, belum tentu cocok di orang lain. Saranku, kalau kerasa ada yang janggal dari pengobatan tradisionalnya, misal jadi tambah sakit, atau jadi ada sakit di bagian lain, kaya kasusku dulu niatnya pengobatan herbal malah jadi sakit lambung parah, nah hati-hati ya. Mudah-mudahan cocok ya pengobatan kamu😊.

      Kalo bisa kamu cek ke dokter lain juga, siapatau berbeda pendapatnya.

      Like

      1. Halo kak maaf telat bales,owh gitu yah,
        Syukurnya aku ga ngerasa ada yg janggal ka baik2 aja selama pengobatan ini, baru 2 kali berobat alternatif’a sih tp msh ada benjolannya, waktu kemarin kontrol itu prosesnya disedot gitu benjolannya ka, yg nanganin bilang isi benjolannya itu ky lemak gitu, trs aku si jg ngerasa pas abis disedot benjolannya agak mengecil gitu rasa’a,tp ini ky semula lg 😦,.
        owh iya ka PD aku ini klo belum memasuki masa mens ga kerasa apa2, tp klo udh mau memasuki masa mens semua PD kan kerasa kenceng2 gmn gitu ya, tp area PD sebelah kanan yg ada benjolan’a itu kerasa ada yg lebih nyeri tp bukan dibenjolannya.. Itu termasuk fam atau apa yah ka.

        Like

      2. Hi, sorry aku juga kurang tau itu fam atau bukan yg terasa nyeri, setauku harus di usg supaya tau pastinya. Saranku mendingan kamu rutin usg nya ya, misal 6 bulan sekali supaya bisa tau perkembangan pengobatan tradisionalnya (boleh juga tanya pendapat ke tempat berobatnya). Kalo di usg bisa ketauan ukuran pastinya.

        Ohya, kamu metodenya disedot pakai telur bukan?

        Like

      3. Dulu aku pernah ke tempat pengobatan
        alternatif. Sempet ngobrol-ngobrol dia bilang
        kalau ganas itu biasanya kalo disedot isinya
        gumpalan darah. Tapi aku jg kurang tau bener/ga
        ya, karna aku jg ga lanjut berobat di sana.

        Like

  9. Dulu aku pernah ke tempat pengobatan alternatif. Sempet ngobrol-ngobrol dia bilang kalau ganas itu biasanya kalo disedot isinya gumpalan darah. Tapi aku jg kurang tau bener/ga ya, karna aku jg ga lanjut berobat di sana.

    Like

  10. Sy juga ada kista di payudara kanan dan kiri mbk. Sdh hampir setahun. Sy minta agar dioperasi tapi dokternya ga ngasi. Sy cuma disarankan byk mkn buah dan sayur. Hindari makan yg mengandung gula dan kurangi gorengan. Sy mau tanya mbak…utk mbk sendiri apa yg mbak konsumsi selama ini? Bgmn perkembangan kistanya mbak..ada ga perubahan? Boleh sy tahu emailnya atau no WAnya mbak?

    Like

    1. Hi Eka. Dari dokterku yg terakhir aku konsul soal tumor, Dokter Els, dia ga kasih pantangan apapun, tapi dia setuju kalo kista itu pengaruh hormon. Perkembangan tumorku, terakhir di usg itu kistanya malah ada yg berubah jd padat, tapi ga bahaya juga. Skrng aku malah terdiagnosa PCOS, alias hormonnya berantakan parah, menstruasi jadi ga teratur, jadi skrng lg fokus manage PCOSnya dulu. Mungkin karna lg kambuh pcos nya jd bs berubah tumor yg tdnya cair(kista) jd padat (entah apa namanya, bs jg itu cuma penebalan jaringan karena pernah infeksi). Nah, karna PCOS jd baru dikasitau hrs manage makanan banget. Hrs jauhi yg glikemik tinggi (tinggi gula), kedelai (karna kandungan estrogen buruknya tinggi), ayam broiler, semua produk susu, semua makanan bertepung. Intinya makan yg alami. Perbanyak protein tp jgn ekstrim, ganti nasi putih dng nasi merah. Perbanyak folat bs dr brokoli, kembang kol, kol, kale (semuanya hrs dimasak, jgn mentah). Minum air putih yg banyak, aku biasa sehari 3 liter. Plus minum vitamin seperlunya. Sejauh ini hormon aku membaik, mens udah teratur. Tapi tumor masih ada. Blom usg lg. Boleh tau dokter kamu knp ga menyarankan oprasi? Boleh email ke aku vavablog@outlook.com

      Like

Leave a comment