Pengalaman pakai BPJS ke Puskesmas Pasirkaliki & Bandung Eye Center

Ini kayanya pertama kalinya aku ke puskesmas. Karena punya BPJS, aku mau coba minta surat rujukan untuk berobat mata ke Bandung Eye Center yang di Jalan Sumatera. Nah, surat rujukannya harus minta ke puskesmas yang tertulis di kartu BPJS, punyaku ditulisnya Puskesmas Pasirkaliki ini.

Puskesmas ini bukanya setiap hari Senin-Sabtu mulai jam 7.30. Pendaftaran ditutup sekitar jam 11 siang.

Dari jam 7 kurang pun udah banyak yang datang ke sini dan ambil nomor antrian. Nomor antriannya ambil di mesin antri, ada mbaknya juga yang ramah di depan pintunya.

Aku dateng jam 7 kurang pun udah nomor 53.

Pas udah jam 7.30, pintu puskesmasnya dibuka. Ternyata di dalamnya bersih dan cukup nyaman, berasa di ruang tunggu rumah sakit. Aku nunggu hampir 1 jam sampe akhirnya dipanggil ke meja pendaftaran.

Di meja pendaftaran, aku isi formulir ini. Kalo ada biaya dokter, bakal disuruh bayar langsung. Aku pake BPJS jadi bener-bener free 😊.

Ohya, di sini adanya dokter umum dan dokter gigi aja ya, ga ada dokter mata. Makanya aku mau minta surat rujukan ke dokter umumnya.

Setelah beres pendaftaran, disuruh tunggu lagi sampai dipanggil buat ke dokter umumnya.

Ternyata cuma sekitar 5 menit, nama aku udah dipanggil! Cepet banget. Di dalem ruangannya, aku dites mata, disuruh baca huruf, karena aku memang myopia. Habis itu ditanya surat rujukannya untuk berobat ke mana dan keluhannya apa saja.

Udah deh, dapet surat rujukannya, beres! Segini menurutku cepet banget prosesnya, semua staff di sana juga ramah banget, sampai satpamnya juga baik sekali!

Nah, surat rujukannya udah dapet, malemnya aku langsung ke Bandung Eye Center buat cek mata. Di sana harus ke lantai 3 dulu untuk urusin BPJSnya. Abis itu dilayanin seperti pasien lainnya (ga ada diskriminasi dengan pasien biasa), semua staffnya ramah.

Aku pilih ke dokter Hikmat, orangnya baik banget, ramah dan penjelasannya cukup detail.

Dannn..semua biaya dokter plus obatnya beneran gratis! Bahkan kalau mau ganti kacamata baru (karena minus mataku nambah), bisa dapat potongan di beberapa optik yang bekerjasama. Besar potongannya bervariasi sesuai dengan kelas biaya BPJS kita. Kalau ga salah ada yang potongannya 100ribu, 200ribu dll.

Jadi buat kamu yang punya BPJS, menurutku manfaatinlah dengan baik karena sekarang lagi bagus banget, beneran dicover biayanya. Temenku juga ada beberapa yang pernah operasi dan dirawat inap, potongan biayanya besar sekali bahkan beberapa kondisi bisa gratis juga😊😊😊.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s