Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Dulu aku pernah sakit maag akut, sampe pernah muntah keluar dengan bercak darah. Dari dokter, aku dikasih pantangan makan selama lambungku belum sembuh betul, dan ternyata daftar makanannya banyak yang aku ga tahu bahwa itu bahaya buat penderita maag. Aku share ya, siapatau berguna buat kamu😊.

Yang ga boleh dikonsumsi:

1. Nanas (karena melunakkan lapisan dinding lambung)

2. Pepaya (ini juga melunakkan lapisan dinding lambung)

3. Anggur (aku lupa bahayanya kenapa)

4. Pisang ambon (aku gatau ya kalo jenis pisang lain, tapi aku hindari juga kalo lagi kambuh maagnya)

5. Susu dan produk mengandung susu seperti keju, yoghurt (karena bikin mual dan memperparah mencret juga)

6. Semua yang mengandung ragi (roti, cake, mie dll)

7. Alkohol

8. Minuman soda (karena bergas)

9. Semua yang pedas

10. Semua yang asam (lemon, jeruk, kiwi, stroberi, cuka dll)

Jadi makannya apa dong?

Aku disuruh makan yang padat, yaitu nasi dengan daging. Karena lambung yang sakit itu perlu banget suplai protein yang banyak. Protein akan membantu memperkuat lapisan dinding lambung.

Kurangi serat untuk sementara, apalagi kalo ada gejala mencret juga. Karena sifat serat (dari buah dan sayur) akan mengikis/menggerus permukaan dinding lambung.

Tapi bukan berarti sama sekali ga makan serat ya. Bisa gawat juga kalo ga makan serat, nanti BAB nya malah sakit dan ga lancar.

Jadi aku sih pokonya makan berat sehari 3x dengan menu nasi, daging (bisa ayam, ikan, beef) dan sedikit sayuran (bisa tumis atau kuah bening, hindari yang bersantan dan berbumbu tajam). Kalo mau buah, aku pilih yang ga asem misalnya melon, alpukat, semangka, apel, pir. Tentunya obat dokter tetep diminum sesuai anjuran ya 😊.

One thought on “Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag”

Leave a comment