Benjolan/Tumor Payudara: FAM, Kista atau Kanker?

 

Hi all, finally post pertama saya tentang benjolan payudara. Saya buat post ini untuk kalian yang bingung perbedaan antara FAM, Kista dan Kanker. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya konsultasi ke beberapa dokter, juga hasil cari-cari info sendiri. Saya sendiri bukan dokter, dan bukan ahli, benar-benar hanya ingin share tentang yang saya tahu berdasarkan pengalaman pribadi. Kalau ada kesalahan/kekurangan, mohon dimaklumi dan mohon bantuan untuk memperbaiki tulisan saya ini 🙂 ~

Semua benjolan baik itu amat kecil maupun amat besar akan disebut sebagai tumor pada istilah kedokteran. Jadi jangan takut dulu dengar kata tumor, karena benjolan kecil yang lebih kecil dari upilmu pun bisa dibilang sebagai tumor.

Ada 3 macam tumor yang umumnya terdapat di payudara, yaitu FAM, Kista dan Kanker. Berikut perbedaannya.

FAM: Fibroadenoma Mammae

– jinak

– berupa jaringan (padat), semacam daging yang tumbuh

– bila diraba, bisa digerakan (fleksibel)

– bisa membesar, tapi biasanya lambat

– penyebabnya kebanyakan adalah hormon

 

Kista:

– jinak

– berupa cairan yang seperti dikemas dalam balon (bisa diibaratkan seperti balon yang diisi air)

– bila diraba, bisa digerakan (fleksibel)

– bisa membesar, bisa juga tidak

– tidak diketahui penyebabnya

 

Kanker:

– ganas

– berupa sel kanker

– bila diraba, terasa keras dan tidak bisa digerakkan

– batasannya dengan daging tidak jelas

– bisa membesar dengan sangat cepat

– bisa juga tidak ada benjolan, tapi terjadi perubahan kulit di payudara seperti berubah jadi sangat kasar seperti jeruk, puting tenggelam dll

– biasanya faktor genetik akan memperbesar risiko kanker

 

Pada kasus kanker tertentu, bisa jadi tidak terdapat benjolan. Seperti kasus Kylie Armstrong ini. Yang terlihat hanya semacam dekok pada payudaranya.

12800241_1077848462238072_3345955209212361627_n.jpg

“These 3 very, very subtle DIMPLES on the bottom of this breast are a sign of BREAST CANCER! This is what MY BREAST CANCER looks like. I felt no lump. The GP felt no lump….”

Kamu bisa baca post aslinya di Facebook  di sini dan baca berita yang memuatnya di sini

Saya salut sekali dengan Kylie Armstrong yang sangat berani menyebarkan foto kanker di payudaranya ini, hanya supaya orang-orang bisa lebih waspada terhadap kanker.

Bila kamu merasakan ada benjolan di payudara, jangan takut dulu. Waspada harus, tapi ingat jangan panik. Beberapa dokter yang saya rekomendasikan di Bandung untuk konsultasi:

– Dokter Dradjat (Spesialis Bedah & Tumor) praktek di RS Boromeus, Melinda, Santosa

– Dokter Els Anggraeni (internist) praktek di Jl. Anggrek No. 1. Praktek hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat mulai sekitar pukul 15.30 sampai malam. Daftar via telpon pukul 10.00-14.00 di nomor 022-7208401.

– Dokter Julianto & Imelda (internist) di Jl. Cipaganti No. 129. Telp. 022-2031135. Praktek Senin-Sabtu, pagi hari dan malam hari.

 

Intinya konsultasilah ke beberapa dokter yang nyaman, berpengalaman dan memberikan penjelasan sedetail mungkin. Jangan langsung percaya ke 1 dokter aja. Dan kalau bisa, konsultasi juga ke dokter selain dokter bedah. Karena dari pengalaman saya, dulu pernah ke beberapa dokter bedah lain, semuanya suruh secepatnya operasi.

Selain itu, USG lah di tempat yang terpercaya dan mesin USG-nya yang bagus, karena hasil USG lah yang bisa menentukan jenis tumor. Kalau saya rekomen Dokter Bobby untuk USG, praktek di Jl. Dipatiukur No. 26C Bandung. Telp. 022-2534399. Harus daftar dulu ya via telepon.

Jangan langsung operasi karena ketakutan, pikirkanlah dulu matang-matang, diskusi juga dengan keluarga dan teman supaya bisa menentukan pilihan terbaik. Ingat, bukan berarti dengan dioperasi hidup kita pasti lebih baik, bagaimana kalau ada efek samping atau kesalahan saat operasi. Pikirkan semuanya 🙂

Di sini saya sama sekali tidak melarang yang mau operasi, karena itu adalah pilihan masing-masing orang, tentunya tergantung jenis tumor dan penyakitnya masing-masing juga. Saya hanya berbagi pengalaman saya, dan karena semua dokter yang pernah saya temui menyatakan bahwa tumor di payudara saya bersifat jinak dan tidak membesar, jadi saya putuskan untuk tidak membuangnya.

Saya hanya ingin share dan mengingatkan agar jangan keburu panik dan jadi mengambil tindakan operasi tanpa pikiran yang matang. Proses pemulihan dari operasi pengangkatan tumor, atau pengangkatan keseluruhan payudara (biasanya pada kasus kanker) lamanya tergantung dari masing-masing pasien, tapi yang sudah saya dengar dari teman-teman ada yang pemulihannya membutuhkan jangka waktu yang lama (bisa berbulan-bulan sampai bisa beraktivitas normal kembali).

Semoga post ini bisa berguna 🙂 dan mohon bantuan koreksinya dari teman-teman bila ada kesalahan.

Sekedar info, tumor yang saya derita dilihat dari hasil USG terakhir adalah kista. Kadang-kadang (sekitar setahun sekali) terjadi infeksi, seperti pembengkakan payudara dan keluar cairan berwarna bening kekuningan disertai sedikit sekali darah. Infeksi ini masih ga jelas apa penyebabnya. Tapi kalau kamu mengalami hal ini lebih baik cepetan ke dokter karna kalau infeksi ga segera diobatin bisa tambah parah infeksinya. Saya akan update lagi kalau dapat info lagi 🙂

Advertisements

8 thoughts on “Benjolan/Tumor Payudara: FAM, Kista atau Kanker?”

  1. Mau bagi pengalaman sedikit ttg benjolan di PD (payudara), kebetulan saya juga pernah operasi benjolan jenis FAM dan kista. Sebelum memutuskan operasi saya berkonsultasi dg dr.teguh,Sp.onk (spesialis onkologi) yg ahli dlm kasus tumor dan kanker yang ada di yogyakarta. Beliau punya klinik khusus onkologi di daerah kotabaru yogyakarta. Menurut beliau jenis tumor memang perkembangannya lambat tapi perkembangan tumor antara orang yg satu dg yg lain berbeda-beda. Tumor tersebut jika dibiarkan akan menjadi ganas (kanker) jadi beliau merekomendasikan sebaiknya tumor tsb di angkat (di operasi) saja. Untuk lamanya pemulihan juga tergantung individu, beberapa pasien yg waktu itu operasi juga gak perlu opname, setelah selesai operasi dan anaestesinya udh hilang, pasien bisa langsung pulang. Saya sendiri waktu itu sebenarnya bisa langsung pulang tapi keluarga meminta saya di opname diklinik tersebut supaya perawatannya lebih bagus dan lebih cepat pulih. Jadi menurut saya, ketika ada benjolan di PD, setelah berkonsultasi dg beberapa dokter, sebaiknya di operasi saja sebelum tumornya berubah jadi ganas (kanker).

    Like

    1. Makasih banget udah mau sharing pengalamannya 🙂 🙂 🙂

      Memang kasus fam dan kista ini membingungkan ya, karena pendapat setiap dokter bisa bener-bener berbeda. Saya juga sempet ke beberapa dokter, ada yang berpendapat bahwa jenis fam dan kista ga mungkin jadi kanker, tapi ada juga yang bilang suatu saat bisa mengarah ke kanker. Ada yang bilang lebih baik secepatnya dibuang, yang lain lagi bilang tidak perlu buru-buru asal pertumbuhannya ga ekstrim (ga cepat membesar). Nah, dari pengalaman saya, biasanya kalau dokter spesialis bedah onkologi(tumor), akan langsung nganjurin untuk dioperasi saja. Tapi kalo kita ke internist, biasanya ga disuruh operasi (untuk jenis tumor yang jinak seperti fam dan kista ya).

      Iya betul banget, masa pemulihannya tergantung tiap individu. Kebetulan ada 2 orang yang saya kenal pernah operasi pengangkatan tumor. Yang 1 pengangkatan fam di PD, 1 nya lagi pengangkatan seluruh PD (kasusnya kanker PD). Kedua orang ini sangat lama pemulihannya, sampai ga bisa kerja di office dulu karna katanya sakit banget, bekas lukanya ngilu sekali dan sama sekali ga bisa angkat lengan, bahkan digerakin sedikit juga sakitnya minta ampun. Jadi kamu beruntung banget pemulihannya cepet 🙂

      Ohya, boleh tau, kamu USG & kontrol ke dokter lagi setiap berapa lama sekali? Apakah sekarang di bekas fam & kistanya ada keluhan sakit/ngilu? Soalnya saya pernah dengar dari beberapa pasien lain, katanya kalau kista dibuang, biasanya suka jadi ngilu/sakit di bekasnya sampai bertahun-tahun. Dan apa ada pantangan makan? Thanks a lot! 🙂

      Like

  2. kalau bisa, saat tidur lepaskan saja bra yang seharian dipakai. Saat tidur bra tidak perlu untuk menahan payudara seperti saat wanita berdiri karena gaya gravitasi yang membuatnya berat. jangan lupa juga periksa ke dokter secara berkala.

    Liked by 1 person

  3. Saya baru saja operasi utk FAM.
    Kalau teman2 ada benjolan di PD sebaiknya langsung periksa.
    Saya gak setuju kalau ada yg bilang tidak perlu operasi utk FAM. Dulu saya percaya, dan gak saya operasi sampai 3th. Lama kelamaan, karena sudah tidak saya pikirkan ttg benjoln di PD, baru awal tahun 2017 saya merasa tidak nyaman di bagian PD, setelah saya periksa sendiri, ternyata benjolan yg dulu kecil banget (sekitar 0.5cm) didiamkan malah membesar hingga hampir 6cm, dan tumbuh benjolan2 kecil lainnya (1-3 cm). Jadi total malah ada 4 benjolan di PD saya.
    Ketika saya konsultasikan di dokter, memang FAM bisa ‘beranak’ makanya harus segera di angkat sblm dia bertambah besar/bertambah banyak.

    Like

  4. Di PD kiri saya ada benjolan yang smakin besar hampir sebesar telur ayam rasanya seperti kolang kaling kalau di raba kadang suka terasa ngilu sampai sakit dada saya sering demam juga kalau sedang ngilu. Ternyata sekarang yang kanan juga ada tapi masih kecil.
    Apakah itu FAM?

    Like

    1. Hi, sorry saya baru balas ya 😦 . Saran saya mendingan segera diperiksa dulu ke dokter dan USG buat lebih jelasnya ya 🙂 Soalnya saya juga bukan dokter. Dari hasil USG bisa keliatan apakah isi benjolannnya, jadi kamu juga ga penasaran. Tapi kalau yang saya tahu, kalo bentuknya kaya kolang-kaling itu (bentuknya jelas), biasanya ga ganas, tapi kalau di kasus kamu kan terasa membesar, jadi tetap perlu diwaspadai juga. Nah, kalo soal demam, saya juga pernah demam tapi karena area daerah payudaranya lagi infeksi, mungkin kamu habis angkat beban yang agak berat, atau habis kerja yang bikin area lengan pegel-pegel ga? Kalo aku sih suka gitu soalnya, suka nyeri jadinya. Kalo di aku, waktu demam itu si benjolannya infeksi jadi bengkak dan bernanah juga. Menurut pengalamanku, kalo bener infeksi harus segera diobatin juga, supaya infeksinya ga menyebar dan ga makin parah.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s